Wednesday, June 23, 2010

Tetangga Oh Tetangga



Apa yang harus kita lakukan supaya kita hidup rukun dengan tetangga. Kalau kita hanya menyewa rumah dengan waktu tertentu memang bukan hal yang terlalu penting, tapi kalau kita memang sudah merencanakan akan tinggal dilingkungan itu seumur hidup artinya berpuluh tahun harus berdampingan dengan tetangga.

Tetangga akan menjadi seperti keluarga kita juga karena dibanyak kesempatan kita akan sangat membutuhkan mereka. Untuk itu kita harus menjalin hubungan yang baik dengan tetangga, karena mereka adalah termasuk orang yang dekat dengan kita.

Pengalaman saya bertetangga sudah 8 tahun dan sampai sekarang belum pernah sekalipun bermasalah dengan tetangga dan bahkan sudah seperti teman yang saling mendukung.

Komplek rumah saya seperti Taman Mini Indonesia Indah, yang terdiri dari berbagai macam suku. Batak, Jawa, Lampung, Sunda, Bali, Makassar, Palembang, Mandailing, Manado, Flores, Padang dan berbagai suku dan agama. Setiap tahun diadakan liburan bersama ke pantai. Walaupun berbeda tapi kerukunan tetap terjalin.


Kunci bertetangga yang baik :

- Jangan pernah merasa sirik atau iri dengan apapun yang di miliki tetangga
- Bersikap sopan dan saling menghargai
- Jangan bergunjing (menggosipi) tetangga
- Bila ada perselisihan atau salah pengertian, langsung dibicarakan baik-baik dengan yang bersangkutan, jangan dibicarakan dengan tetangga yang lain, takutnya masalah akan melebar.
- Menyapa tetangga bila berpapasan
- Mengundang tetangga bila ada hajatan
- Berpikir sebelum mengucapkan kata-kata yang bisa saja menyinggung perasaan tetangga. (karena karateristik orang berbeda-beda).
- Berusahalah menempatkan diri kita di posisi oranglain (supaya kita  bisa mengerti dengan sifat mereka)

Jadi gampang sekali bila ingin hidup rukun dengan tetangga ....

No comments: