Monday, September 03, 2007

My Teacher, Mr. Kim (Seonsaeng Kim Bong-du)


Judul : My Teacher, Mr. Kim
Bhs Korea : Seonsaeng Kim Bong-du


Filem yang dibuat tahun 2003 dengan aktor Cha Seung-won (Bodyguard). Mr. Cha berperan sebagai seorang guru, Kim Bong-du, yang bermasalah disekolahnya di Seoul karena sering meminta uang dari orangtua siswa. Orangtua siswa komplain terhadap Mr. Kim sehingga kepala sekolahnya memindahkannya ke sekolah lain.

Alangkah kesalnya Mr. Kim karena sekolah barunya itu dipedesaan dan siswanya hanya 5 orang saja. Dia hampir stress karena didesa tersebut tidak ada hiburan, beli rokok saja harus ke kota itupun sekali sebulan, tidak akan ada lagi uang tambahan dari orangtua murid. Mr. Kim diminta untuk mengajar disana sampai setahun kedepan menunggu sekolah itu benar-benar ditutup dan dia bisa kembali ke Seoul.

Penduduk desa sangat terbuka menyambutnya dan siswanya yang 5 orang pun menyukainya. Mr. Kim tidak menghargai mereka semua karena yang ada di pikirannya hanya ingin keluar secepatnya dari desa tersebut dan bisa menghasilkan uang tambahan.

Mr. Kim mencari cara supaya sekolah secepatnya ditutup dan dia tidak perlu menunggu setahun tinggal disana. Dia mencuci otak anak-anak tersebut dengan menceritakan kalau tinggal di Seoul itu sangat enak, sehingga anak-anak itu mau di transfer bersekolah di Seoul dan dia bisa meninggalkan desa itu.

Ceritanya komedi dengan akhir yang sedih. Adegan-adegan lucu Mr. Kim yang hanya menyukai uang sangat bertolak belakang dengan penduduk desa yang hidup rukun walaupun tidak mempunyai uang. Dan yang paling lucu adalah ada seorang kakek yang sudah sangat tua yang minta diajarin car amenulis dan membaca. Dan jadilah pak tua tersebut menjadi murid disekolah itu bersama dnegan anak-anak kecil.

Sampai suatu saat Mr. Kim merasa terpukul karena salah seorang siswanya yang pergi ke gunung untuk bekerja demi menghasilkan uang supaya Mr. Kim yang dicintainya itu tidak meninggalkan sekolah mereka. Dan orangtua murid juga datang kerumahnya mengantar hasil panennya (karena mereka tidak memiliki uang) kepada Mr. Kim supaya betah di desa mereka.

Setelah Mr. Kim menyukai siswa dan penduduk desa itu, surat penutupan sekolah tiba dari pusat. Dia menjadi sedih sekali dan tidak mampu berbuat apa-apa. Sekolah resmi ditutup setelah anak-anak itu lulus sekolah dasar. Di acara lulus-lulusan Mr. Kim tidak dapat menahan airmatanya dan bertekad kalau dia akan menjadi seorang guru yang baik.

Filem ini sangat bagus untuk ditonton, supaya orang-orang yang tinggal di kota bisa belajar dari oang desa kalau uang itu bukan segalanya. Kita hidup butuh cinta dari orang disekeliling kita. Lokasi pembuatan filemnya juga sangat bagus, perkebunan sayur kol yang luas dan asli perumahan desa yang sederhana.

Tertawa dan menangis terharu...itulah kesan dari filem ini.

Kapan ya filem Indonesia bisa seperti ini. Ceritanya sederhana tapi menyentuh.
------------------

Cha Seung-won yang juga main di serial Bodyguard (kebetulan sekarang saya lagi mengikuti serial bodyguard di channel U). Cha Seung-won lumayan ganteng dan saya yakin dia tidak pernah melakukan operasi plastik seperti aktor korea lainnya,karena wajahnya asli korea banget. Dan Mr. Cha Seung-won ini mirip sekali dengan abang saya, makanya saya tertarik mengikuti serial nya.

2 comments:

Anonymous said...

lumayan ganteng??? hellooowwww ganteng bgt kaleeee
Korea banget??? helloooowwww Blasteran timur tengah kaleeee
Mirip abangnya situ???? Yakiinnn????

Siswondo galery said...

Ni lagi nonton seonsaeng nim kim bongdu.

소넛남자